alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Senin, 06 April 2015

PRODUK CHINA BERBAHAYA BAGI KONSUMEN EROPA

Produk China Berbahaya Bagi Konsumen Eropa


Produk China Berbahaya Bagi Konsumen Eropa
Produk China berbahaya bagi konsumen Eropa

BRUSSELS - Dari pemantik api rokok berbentuk mainan sampai korek api berbentuk kelinci, lembaga perlindungan konsumen Eropa memperingatkan mengenai semakin banyaknya produk berbahaya yang kebanyakan berasal dari China.
Lembaga perlindungan konsumen Eropa ini telah mengeluarkan 2.435 notifikasi untuk produk-produk tak aman, mulai dari mainan anak sampai pakaian yang jumlahnya pada 2014 tiga persen lebih banyak dibandingkan dengan 2013.
64 persen dari produk-produk berbahaya itu buatan China, termasuk Hongkong, yang jumlahnya sama dengan statistik 2013, kata Rapid Alert System (RAPEX), yang beranggotakan 28 negara Uni Eropa termasuk Norwegia, Islandia dan Liechtenstein.
"Bagi saya, sebagai seorang ibu dan sekaligus nenek, jumlah besar produk-pruduk mainan berbahaya adalah mencemaskan, oleh karena itu waspadalah terhadap mainan yang Anda berikan kepada anak-anak Anda," kata Vera Jourova, komisioner Eropa urusan konsumen.
"Yang juga mengejutkan adalah betapa banyak jumlah produk berbahaya yang datang ke pasar Eropa yang berasal dari China," kata dia dalam jumpa pers di Brussels.
Mainan anak-anak menduduki peringkat pertama produk-produk yang diblokir sebelum masuk pasar Eropa yang mencapai 28 persen, diikuti pakaian (23 persen), alat-alat listrik (sembilan persen) dan kendaraan bermotor (delapan persen).
Produk-produk berbahaya itu termasuk mainan anak yang bisa membuat anak tersedak, dan ada juga pemantik berbentuk mainan seperti sepeda dan bola basket yang membahayakan jika dijangkau anak.
Sepatu dan bahan-bahan kulit dianggap memicu alergi Chromium VI, sedangkan produk perhiasan mengandung bahan logam berat berbahaya. Hanya 14 persen dari produk-produk berbahaya itu berasal dari negara-negara Eropa, tujuh persen tak diketahui asalnya dan dua persen dari Turki.
Menurut Jourova, keprihatian besar muncul karena begitu banyak berasal dari Chona padahal negara itu mempunya penetrasi pasar yang besar di 28 negara Uni Eropa. "Jumlah dan situasinya tidak membaik," sambung dia.
Jourova mengatakan Uni Eropa tengah bekerjasama secara bilateral dengan para produsen Tiongkok untuk membantu mereka memahami standar keamanan Eropa, demikian AFP.
(hmr)
http://news.okezone.com/read/2015/03/24/18/1123395/produk-china-berbahaya-bagi-konsumen-eropa

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.