alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Selasa, 07 April 2015

ROBOT CURIOSITY TEMUKAN REKAHAN BATUAN DI MARS

Robot Curiosity Temukan Rekahan Batuan di Mars

Selasa, 7 April 2015 | 17:03 WIB
NASA/JPL-Caltech/MSSS Wahana Curiosity memberikan laporan adanya daerah di Mars yang memiliki pembuluh.
Penemuan jejak rekahan batuan atau vein itu tampak di "Garden City". Sebutan kawasan tersebut terletak pada sebuah gunung dengan tinggi hampir 3,5 mil (sekitar 5,6 kilometer) dari permukaan Mars. Rekahan yang ditemukan Curiosity memiliki komposisi seperti cukup unik. 
"Beberapa dari foto yang dikirimkan Curiosity tampak gelap pada kedua tepi dan berwarna putih di bagian tengah," ujar Linda Kah, salah seorang ilmuwan Curiosity dari University of Tennessee.

Jejak Air



Menurut Kah dan rekan-rekannya, rekahan batuan itu kemungkinan terbentuk ketika ada cairan bergerak melalu retakan batu. Vein ini terbuat dari kalsium sulfat yang juga pernah ditemukan Curiosity di lokasi lain.
Meski demikian, temuan rekahan ini begitu spesial. "Ada sesuatu yang berbeda dari rekahan yang telah ditemukan sebelumnya," papar Kah.



Petunjuk baru mengungkap bahwa cairan yang tersimpan dalam vein itu kemungkinan mengalami perubahan sejak zaman Mars kuno.
Sejauh ini peneliti percaya batu terbentuk karena lumpur di danau pada dasar Garden City mengering kemudian mengeras.
Melalui temuan ini pula, semakin banyak bukti bahwa Mars memiliki bahan utama untuk hidup.



Sebelumnya, Curiosity juga berhasil menemukan kandungan nitrogen pada sampel pasir dan batuan lumpur.
Editor : Tri Wahono
Sumber: National Geographic Indonesia

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8900304558010539333#editor/target=post;postID=7076785719078555084

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.