alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 12 April 2015

WAMENHAN ; KESADARAN BELA NEGARA HARUS DITUMBUHKAN DI SEMUA LAPISAN MASYARAKAT

 Wamenhan: Kesadaran Bela Negara Harus Ditumbuhkembangkan di Semua Lapisan Masyarakat

Written By Jurnal Pertahanan on Senin, 22 September 2014 | 22.55


Menjelang berakhirnya masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, sebagai bentuk kepedulian Kementerian Pertahanan dalam memupuk rasa cinta tanah air dan kesadaran bela negara kepada masyarakat, Kementerian Pertahanan (Kemhan)tetap fokus mengimplementasikan kebijakan pertahanan negara di lapangan.

Hal itu diwujudkan ketika Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin memberikan pembekalan tentang bela negara kepada tokoh-tokoh masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Kepramukaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Makassar, Sulsel, dalam siaran pers yang diterima SP, Jumat (19/9).

Dalam pembekalan tersebut, Wamenhan kembali mengingatkan kepada para peserta, bahwa kesadaran bela negara bukanlah bawaan sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkembangkan tidak hanya di lingkungan pendidikan dan pemukiman saja akan tetapi di semua lapisan masyarakat.

Membangun dan mempertahankan semangat nasionalisme dalam kerangka kesadaran bela negara bagi setiap warga negara tidaklah mudah, terlebih lagi dengan keberagaman budaya, agama, adat istiadat, dan ras. Karenanya, bangsa Indonesia perlu mempedomani Pancasila sebagai landasan atau satu-satunya Ideologi yang dapat menyatukan adanya keragaman bangsa Indonesia dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika.

Kesadaran bela negara bagi Organisasi Masyarakat, Pramuka, Organisasi Pemuda, Mahasiswa dan Akademisi di Provinsi Sulawesi Selatan ini, Wamenhan menilai, sangat penting dan strategis, karena sebagai bagian dari anak bangsa, para peserta merupakan agen perubahan dalam menanamkan kesadaran bela Negara di lingkungannya.

Melalui pembekalan ini Wamenhan berharap, para peserta dapat menjadi role model bagi generasi muda Indonesia yang memiliki jiwa semangat nasionalisme, patriotis, disiplin dan menjaga persatuan kesatuan bangsa.


Selain itu, para tokoh masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Kepramukaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) juga dapat menjadi garda terdepan sekaligus motor penggerak dalam mewujudkan gerakan nasional bela negara, menjadi agen perubahan dalam membangun daya tangkal bangsa.

Dengan demikian, mereka mampu mempertahankan nilai-nilai karakter dan jatidiri bangsa yang kreatif dan inovatif dalam turut menyebarluaskan nilai-nilai bela negara kepada generasi muda. Mereka juga memahami perubahan tatanan dunia baru serta siap menjadi komponen pertahanan negara dalam mewujudkan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta.

Selama berlangsungnya pembekalan bela negara tersebut, Wamenhan didampingi Irjen Kemhan, Dirjakstra Ditjenstrahan, Kapuskom Publik dan Pejabat unsur FKPD Sulawesi Selatan.

http://jurnal-pertahanan.blogspot.com/2014/09/wamenhan-kesadaran-bela-negara-harus.html

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.