alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Jumat, 15 Mei 2015

APA ITU PAN SALAFIS

Apa itu Pan Salafis


Pan Salafis,  Pan Salafist atau Pan Salafisme adalah gerakan pendirian kekhilafahan sepihak dan pragmatis yang dimulakan oleh pemikiran garis keras ultra fundamentalis klasik, yang diperjuangkan dengan jalan penyebaran ideology dan perlawanan bersenjata pada semua pihak yang menghalangi tujuan dan cita-cita dari gerakan mereka, untuk meniadakan keragaman dalam Islam dan penghapusan negara-negara yang berlandas pada Nasionalisme, Sosialisme, Demokrasi, dan lain sebagainya.
Gerakan ini juga dalam implementasinya berusaha menyingkirkan golongan-golongan Islam lain yang tidak sepaham dan yang tidak sepakat dengan jalan yang mereka tempuh, baik dengan penaklukan wilayah, pengambil-alihan kewenangan, pemenjaraan hingga penculikan dan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh dari pihak yang dianggap sebagai lawan dan yang dinilai menghalangi pergerakannya.

Contoh terkini dari realitas gerakan ini adalah kelompok Islamic State Iraq ash Syam (ISIS/ISIL) yang mendeklerasikan kekhilafahannya di Irak (Islamic State/IS), dengan panggilan pada seluruh umat Islam untuk bergabung dengan mereka dan berbaiat pada Abu bkr al Bahdadi, Khalifah yang mereka usung.
Agenda awal dari kelompok ini adalah pendirian ‘Kekilafahan Era Baru’, dengan menjadikan Suriah dan Irak sebagai basis dan berusaha melebarkan pengaruh untuk menancapkan kekuasaan si Suriah Raya, yang mencakup Irak, Suriah, Lebanon, Yordania, Palestina dan pelebarannya.
Pergerakan dan deklarasi yang diumumkan oleh kelompok ini banyak mendapatkan penentangan.

Penentangan terhadap klaim sepihak dari kelompok tersebut datang dari otoritas Sunni Al-Azhar, Nahdatul Ulama Indonesia, Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, hingga penentangan yang datang dari struktur faksi-faksi bersenjata baik dari kalangan Sunni maupun Syiah.
Penentangan faksi-faksi dari Dunia Islam terhadap gerakan Pan Salafis ini sering berujung pada konflik bersenjata, diantaranya adalah, Pertempuran antara gerakan Pan Salafis ini (ISIS) melawan;
Syrian Revolutionary Front (SRF) , Islamic Front (IF) secara umum, Ahrar ash Syam, Liwa at Tawhid, gerakan perlawanan Hizbullah, Jabhat al Akard, hingga pertempuran antara gerakan ini melawan sayap bersenjata al-Qaeda Suriah, Jabhat al Nusra.

Pola yang digunakan oleh kelompok ini beragam, namun yang paling efektif adalah dengan (mencetuskan, turut, mendorong) dan membajak sebuah konflik, untuk kemudian mengalihkannya dari sebuah Revolusi menjadi perang Sectarian (dengan dukungan jaringan propaganda), yang pada kemudiannya menyerang semua pihak yang bertikai guna menundukkan semua pihak yang bertikai itu kebawah kekuasaan mereka (pembajakan konflik).

Selain dari pada itu, juga menjadi catatan umum adalah pola yang mereka gunakan secara luas, yakni dengan menyerang tokoh-tokoh (Ulama) yang berbeda pemikiran dari mereka, dengan menyebarkan issue dan penuduhan-penuduhan pada setiap pihak yang menentang mereka, dengan menyatakannya sebagai Pluralis, Sekularis, Komunis, Liberalis, Sosialis, hingga pengkafiran (takfirism).

ISIS-ISIL-Iraq-Syria-620x350-300x169
Source, much and comparation
https://voricomrade.wordpress.com/2014/07/12/apa-itu-pan-salafist/

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.