Bagaimana pembuatan kapal pengangkut raksasa, melibatkan banyak tempat
Kategori : Stuff
| Date : 09/7/2013
Konsumen hanya mengetahui sebuah barang jadi sudah ada di toko ,
lalu membeli. Tapi tidak pernah mengetahui bagaimana barang tersebut
bisa sampai di negaranya. Dan berapa perubahan pengiriman barang impor,
apakah biayanya ekonomis atau lebih mahal. Melihat teknologi angkutan
laut, Maersk adalah perusahaan pelayaran nomor satu dunia. Satu kapal
raksasa baru melayani rute pelayaran dunia. Kapal Maersk McKinney Moller
baru mulai berlayar 15 Juli dari Busan Korea. Lalu mampur ke Yanshan
port di Shanghai sebagai pelabuhan laut terbesar dunia. Dari sana kapal
berangkat ke Ningbo, Yantian, Hong Kong, Singapura, Malaysia di Tanjung
Peleas pada 9 Agustus. Dan melewati terusan Suez, lalu satu minggu lagi
baru tiba di Rotterdam. Kapal mengangkut DVD, TV, bangku, kursi, kaos,
dan sepatu
Siapa produsen kapal raksasa saat ini. Terletak di
pulau Geoje, disana ada Samsung Heavy Industries. Di pantai atau teluk
Ulsan menjadi tempat Hyundai Heavy Instrustry dan menjadi produsen kapal
terbesar. Satu lagi DSME resminya menjadi bagian dari perusahaan Daewo
dengan fasilitas pembuatan kapal tanker.
Disana dibuat berbagai
kapal, dari sebuah kapal seharga $600 juta untuk kapal bor, kapal
pengangkut biji besi, batu bara, kapal curah dan kapal kontainer. Dari
semua pembuatan kapal, terbesar adalah pembangunan kapal milik Denmark
AP Moller Maersk. Kapal kontainer yang melayani rute dari Eropa Utara
sampai ke China adalah jenis Triple E dengan berat kosong 55 ribu ton.
Bila di dirikan keatas maka tingginya setara gedung Empire State di
Amerika. Perusahaan Maerks sudah memesan kapal sejenis, dan jumlahnya 20
unit, masing masing seharga $185 juta.
Bandingkan dengan kapal
generasi pertama pengangkut kontainer. 50 tahun lalu sebuah kapal
pertama mengangkut kontainer dari Newark NJ ke Houston dengan kapasitas
58 kontainer. 12 tahun kemudian sebuah kapal kontainer mampu membawa
1.200 kontainer. Tahun 1996 kapal Maersk Regina mampu membawa 6.000
kontainer dengan ukuran 7 meter kontainer. Semakin besar daya tampung
kapal, biaya pengiriman semakin murah.
Kapal Triple E mampu
membawa 18 ribu kontainer berukuran pendek 7 meter atau setara 9000
kontainer paling panjang. Bila semua kontainer di turunkan dari kapal
Triple E, akan membuat panjang jalan 100km lebih. Hitung saja 18000
kontainer x 7 meter =126.000 meter dibagi 1000 meter, sama dengan 126km.
Satu
kapal melakukan perjalanan 25 hari dan kebutuhan bahan bakar 530 ribu
galon. Bila barang yang dibawah adalah 182 juta iPad atau 111 juta
pasang sepatu yang dikirim dari Asia ke China. Maka biaya pengiriman
satu barang hanya 0,003 galon perunit. Bila dihitung dengan biaya saat
ini, satu kapal yang berangkat dari Shanghai ke Rotterdam membutuhkan
biaya 2.5 juta dollar untuk bahan bakar saja.
Kapal raksasa ini
mengunakan mesin yang efisien. Mesin utama akan diberikan air pendingin
dan menghasilkan tenaga uap untuk mengerakan turbin sekunder. Turbin
yang dihasilkan dari panas gas buang ini dimanfaatkan untuk pembangkit
listrik yang menyuplai power listrik bagi awak kapal sampai kontainer
yang membutuhkan listrik untuk pendingin.
Kapal laut tidak bisa
terlalu cepat, semakin cepat maka kebutuhan bahan bakar semakin boros.
Dari kecepatan 20 knot menjadi 23-24 knot saja, sebuah kapal besar akan
meningkat kebutuhan bahan bakarnya dua kali lipat. Naik lebih cepat 3-4
knot saja, bahan bakarnya meningkat lagi 2 kali lebih besar. Kapal
Maersk hanya dirancang untuk kecepatan 16 knot untuk tingkat efisien
bahan bakar.
Pembuatan
kapal raksasa tidak mudah, harus menjalani verifikasi cetak. Baja mulai
dipotong di Denmark dengan las plasma, lalu disatukan seperti mainan
Lego menjadi blok dasar. Ada 425 komponen perkapal. Lalu dikirim ke
tempat lain untuk dirakit menjadi 21 megablok atau cincin. Sebagian
besar perakitan megablok dilakukan perusahan sub kontraktor di galangan
kapal DSME di Snandong China. Dari sana baru di bawah untuk disatukan di
sebuah galangan kapal.
Baling kapal dibuat berukuran 10 meter dibuat
oleh Mecklenburger Metallgus Jerman. Satu baling yang sudah di cor
membutuhkan waktu 10 hari untuk di dinginkan.
Mengangkat bagian
superblok kapal membutuhkan crane raksasa dengan kekuatan 3600 ton.
Crane raksasa kelas Goliath sangat presisi, mampu mengeser sampai 4mm,
barulah blok kapal di susun dan disatukan menjadi lambung kapal.
Selesai kapal dirakit baru dipasang dudukan untuk kontainer. Proses
mendekati akhir, selesai urusan lambung kapal dan kapal bisa di cat lalu
diluncurkan. Proses terakhir adalah interior di luar kapal mulai
dirapihkan. dan staf pekerja mulai membuat suprastruktor, menginstallasi
jembatan, ruang kabin dari kapal berukuran ratusan meter tersebut.
Apa
yang dilakukan oleh kapal raksasa ini bagi ekonomi dunia. Untuk
mengangkut kontainer dari Hong Kong ke Los Angeles mencapai $2.900.
Sekarang turun sepertiganya saja. Walau ekonomi melambat, perusahaan
Maersk tetap berencana memesan kontrak untuk kapal jenis ini, mungkin
tidak hanya 20 tapi 30 unit kapal dari armada mereka. Walau harus
menunggu kondisi ekonomi kembali pulih. Satu kapal Triple-E saat ini
tidak akan berjalan dengan kapasitas penuh, rata rata hanya 14.200 TEU
kontainer saja.
Video dibawah ini dari Triple-E pertama sebagai
kapal angkut terbesar di dunia. Melintas jembatan kabel di Denmark pad
20 Agustus 2013
http://obengplus.com/articles/2622/1/Bagaimana-pembuatan-kapal-pengangkut-raksasa-melibatkan-banyak-tempat.html#.VVORrlIpDIU
Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.