alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Kamis, 04 Juni 2015

AS AKAN PULIHKAN KERJASAMA DENGAN KOPASSUS

AS Akan Pulihkan Kerjasama dengan Kopassus

Kementerian Pertahanan Indonesia telah berjanji melindungi dan memperhatikan HAM.
Kamis, 22 Juli 2010 | 23:36 WIB
Oleh : Antique, Nezar Patria, Harriska Farida Adiati
AS Akan Pulihkan Kerjasama dengan Kopassus
Menhan RI, Purnomo Yusgiantoro dan Menhan AS, Robert Gates (kanan). (ANTARA/ Ujang Zaelani)



VIVAnews - Amerika Serikat (AS) akan membantu Indonesia dalam mereformasi pertahanan dan meningkatkan kualitas Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pemerintah AS menilai TNI telah melakukan reformasi penting di tubuh militer sejak jatuhnya rezim Suharto. 

Demikian diungkapkan Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, dalam jumpa pers dengan sejumlah media nasional dan internasional di Hotel Four Seasons, Kamis 22 Juli 2010 petang.

Gates telah menyampaikannya kepada Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro. 

Menurut Gates, baru-baru ini Kementerian Pertahanan Indonesia (Kemenhan) telah berjanji melindungi dan memperhatikan hak asasi manusia (HAM). Salah satunya dengan menonaktifkan pejabat militer yang dituduh melanggar HAM. Sedangkan bagi yang terbukti bersalah akan diberhentikan.

Menurut Gates, Kemenhan juga akan kooperatif dalam membawa anggota militer yang melanggar HAM ke pengadilan. 

"Saya mengatakan kepada Presiden Yudhoyono dan Menteri Purnomo (Menhan) bahwa sebagai hasil dari langkah-langkah signifikan tersebut, dan reformasi lain yang dilakukan TNI, AS akan menjalin kerjasama keamanan yang terukur dan bertahap dengan pasukan khusus (Kopassus) sesuai dengan hukum AS," kata Gates.

Gates menambahkan, bentuk kerjasama ini akan diawali dengan melibatkan Indonesia pada sejumlah konferensi terpilih, serta  acara tentang subjek non-lethal seperti peraturan hukum, HAM, dan proses pengambilan keputusan dalam militer. 

Langkah ini akan dimulai dari diskusi tingkat staf agar masing-masing pihak punya pandangan yang sama dalam menjalankannya. 

"Dalam kunjungan ini saya terpikir bahwa ini bukan lagi sebuah hubungan yang fokus pada bagaimana AS bisa membantu Indonesia, tetapi ini adalah sebuah hubungan dibangun berdasarkan bagaimana dua negara ini bisa berperan di kawasan dan dunia," kata Gates. 

Bantuan militer Amerika Serikat ke Indonesia sempat dihentikan akibat kritik keras atas praktik pelanggaran HAM di Timor Timur (sekarang Timor Leste) dan sejumlah peristiwa lain pada masa rezim Orde Baru Suharto.
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/166329-as-akan-pulihkan-kerjasama-dengan-kopassus

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.