alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 26 April 2015

CINA KLAIM PERAIRAN NATUNA SEBAGAI WILAYAHNYA



"...Ilustrasi penjagan wilayah perairan RI..." Photo by : Puspen TNI

“…Ilustrasi penjagan wilayah perairan RI…” Photo by : Puspen TNI
“…NRMnews.com – NATUNA Kepri, Asisten Deputi I Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Bidang Dokrin Strategi Pertahanan, Masekal Pertama, TNI Fahru Zaini menyebutkan bahwa pemerintah Republik Rakyat China telah memasukan sebagian wilayah perairan laut Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ke dalam peta wilayah mereka.
Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara negara China dan Filipina, jelas Fahru Zaini saat berkunjung ke Natuna, pada hari Rabu (13/04/2014). China mengklaim perairan Natuna dengan mencantumkan wilayah itu menjadi bagian wilayahnya dengan sembilan garis terputus dalam peta mereka.
Bahkan peta ini juga tertera dalam paspor terbaru milik warga China. Bukan hanya wilayah Indonesia saja yang dipetakan oleh China, tetapi juga wilayah negara lain yang berbatasan dengan perairan Laut China Selatan seperti, Vietnam, Malaysia, Brunai, Fhilipina serta Taiwan.
“…Namun China tidak mau berterus terang, terkait koordinat mana saja, yang dimasukkan ke wilayah mereka…”, katanya. Itu sebabnya, lanjut Fahru, demi terjaganya keutuhan NKRI ini, kebhinekaan dan kebangsaan di wilayah terdepan seperti Kabupaten Natuna perlu diperkokoh.
“…Wilayah yang berada di perbatasan, seperti Kabupaten Natuna, persatuan dan kesatuan antar warga maupun etnis, perlu diperkokoh. Persatuan antar warga perlu dijunjung tinggi, ini dimaksudkan supaya tak mudah disusupi atau diadu domba oleh negara lain…”, ujarnya.
Yang dilakukan oleh China ini, menyangkut zona wilayah NKRI. Untuk itu, kami datang ke Natuna ini, ingin melihat secara nyata strategi dari komponen utama pertahanan NKRI, yaitu TNI, terutama dalam kemampuan, kekuatan dan gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah ini…”, jelasnya.

( Oleh : Red. NRMnews.com / Eka Santhika – Editor : A.Dody.R 

http://nrmnews.com/2014/03/13/cina-klaim-perairan-natuna-sebagai-wilayahnya/

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.