HUT Korps Marinir ke-69, Sejumlah Peralatan Tempur 

Ditampilkan

tank-marinir-maiwanews-duamaiwanews – Sejumlah peralatan tempur andalan ditampilkan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Korps Marinir yang ke-69 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (17/11/2014).
Peralatan tempur yang ditampilkan diantaranya 18 unit tank BMP-3F, 9 unit Kapa 61, 5 unit LVT-7, 3 unit Kapa PTS, 21 unit PT-76 (M), 18 unit BTR-50 P (M/K), 6 unit RM 70 Grad, 3 unit BVP-2, 9 unit How-105, 2 unit Tatra dan 4 unit Sea Rider serta sejumlah kendaraan bermotor berbagai jenis.
Peringatan HUT yang ditandai dengan upacara di Lapangan Tembak Marinir FX. Supramono, Karangpilang, Surabaya itu, dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio.
Dalam sambutannya KSAL mengatakan, TNI AL berusaha untuk senantiasa memodernisasi alat utama sistem senjata Marinir dengan membangun kekuatan kesenjataan yang modern sesuai dengan target pemenuhan  Minimum Essential Forces (MEF).
”Pada akhir Renstra TNI AL tahap 1 tahun 2014, Korps Marinir telah memiliki 54 tank amfibi BMP-3F, 15 kendaraan pendarat amfibi  LVT-7 A1 dan rencana penambahan roket multi laras. Modernisasi alutsista Marinir ini akan terus berlanjut pada Renstra tahap 2 tahun 2015-2019, termasuk untuk mengantisipasi pembentukan Divisi-3 Marinir “ kata Kasal.
Seperti rilis Dispen Kormar Surabaya, sedikitnya 5054 prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang terbagi menjadi 2 divisi upacara, turut ambil bagian di upacara HUT yang tahun ini mengambil tema “Bersama Rakyat Membangun Negeri” itu.
Selain itu, sejumlah undangan diantaranya para sesepuh Korps Marinir, warga kehormatan Korps Marinir, para mantan Dankormar, pejabat teras Mabesal dan pemimpin Kotama TNI AL, pejabat TNI dan Polri, para atase pertahanan negara sahabat dan undangan kehormatan lainnya, turut hadir di upacara ini.
http://berita.maiwanews.com/hut-korps-marinir-ke-69-sejumlah-peralatan-tempur-ditampilkan-36155.html

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob