alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 26 April 2015

PESAWAT TEMPUR SUPER TUCANO LATIHAN TERBANG MALAM

Pesawat Tempur Super Tucano Latihan Terbang Malam


29 Mar 2015 15:32:14 | by Admin | 1211 views | 0 comments


Pesawat tempur anti gerilya EMB-314 Super Tucano milik Angkatan Udara Indonesia dari Skuadron 21 Malang melakukan latihan terbang malam beberapa hari yang lalu. Latihan terbang malam ini dalam rangka meningkatkan profesionalitas pilot dan ground crew Skuadron Udara 21 dalam menjalankan perintah operasi baik siang maupun malam hari. 

Latihan terbang malam ini diikuti oleh empat unit pesawat tempur EMB-314 Super Tucano Indonesia. Keempat unit pesawat tempur EMB-314 Super Tucano yang ambil bagian dalam latihan ini adalah pesawat dengan tail number TT-3102, TT-3103, TT-3105 dan TT-3107. Pesawat TT-3102 dipiloti oleh Letda Pnb Bayu didampingi Mayor Pnb Ivy Safatilah, pesawat TT-3105 yang dipiloti Lettu Pnb Dian Nugroho didampingi Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Toto Ginanto,S.T. Sedangkan pesawat TT-3107 dipiloti Letda Pnb Bayu didampingi Mayor Pnb Taufik dan Letda Pnb Dewa didampingi Mayor Pnb Taufik menggunakan pesawat TT-3103. Keempat pesawat tempur anti gerilya EMB-314 Super Tucano ini melakukan latihan terbang malam dengan melakukan penerbangan disekitar kota Malang selama kurang lebih dua jam.

Latihan terbang malam ini dilakukan oleh Skuadron Udara 21 Malang untuk mengetahui kesiapan dan mengasah kemampuan penerbang dan ground crew sekaligus menguji pesawat tempur EMB-314 Super Tucano. Disamping itu penerbangan profesiensi ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel, baik skill maupun kemampuan terbang para penerbang termasuk kesiapan seluruh ground crew pesawat dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya gangguan, ancaman serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain yang datang pada waktu siang maupun malam hari.

Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano IndonesiaPesawat tempur EMB-314 Super Tucano Indonesia

Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano adalah pesawat tempur khusus anti gerilya dan serang darat yang dibeli Indonesia dari Brazil. Pesawat tempur canggih ini merupakan pengembangan dari pesawat tempur latih EMB-312 Tucano yang sama sama buatan Embrear Brazil. Indonesia sendiri membeli 16 unit pesawat tempur EMB-314 Super Tucano dengan nilai kontrak sekitar US$260 Juta. Kontrak pembelian ini dilakukan dua kali dimana kontrak pertama dibeli 8 unit dan kontrak kedua 8 unit lagi. 

Saat ini, baru ada 8 unit pesawat tempur EMB-314 Super Tucano yang telah dikirim Brazil ke Indonesia. Sisanya 8 unit lagi akan segera dikirimkan beberapa bulan mendatang untuk melengkapi alutsista TNI. Sehingga harapannya beberapa bulan mendatang jumlah pesawat tempur EMB-314 Indonesia ini sudah menjadi 16 unit. Pesawat tempur serang canggih ini dibeli menggantikan pesawat tempur anti gerilya sebelumnya yaitu OV-10 Bronco yang sudah pensiun sejak tahun 2007 lalu.

Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano sendiri sudah banyak dioperasikan oleh banyak negara terutama di Amerika Latin. Diantaranya Brazil, Equador, Bolivia dan beberapa negara latin lainnya. Indonesia sendiri membeli pesawat tempur ini pada tahun 2012 lalu.

 http://pesawattempur.com/read/22/Pesawat_Tempur_Super_Tucano_Latihan_Terbang_Malam

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.