USS Zumwalt atau DDG 1000 Zumwalt Class sebagai kapal perang perusak Amerika sudah siap berlayar. Merupakan kapal perusak terbesar dan siap beroperasi pada tahun 2016.
Pendanaan yang disetujui tahun 2001, rencananya akan dibuat sampai 30 kapal sejenis. Menghitung biaya pembuatan yang besar, akhirnya diturunkan menjadi 24 kapal, lalau turun kembali menjadi 7 kapal. Terakhir hanya disetujui 3 kapal saja yang dibuat

Pembangunan kapal membutuhkan biaya 3,45 milyar dollar (tidak dijelaskan harga 1 unit atau ketiganya), belum termasuk biaya rancangan kapal. Generasi pertama dinamakan Zumwalt, kedua Micahel Monsoor dan ketika Lyndon B Johnson. Walau kapal berbadan besar, kecepatan diair mencapai 30kn atau sekitar 56km perjam.

Kapal perang USS Zumwalt dilengkapi peralatan perang eletktronik, anti pesawat udara, dan peluncur rudal. Kapal dengan panjang sekitar 180 meter, 40% lebih besar dibanding generasi sebelumnya dari kelas Arleigh Burke. Kecanggihan kapal ini akan terditeksi oleh radar seperti kapal pemancing ikan, dan suara mesin sedikit lebih keras dari mesin kapal selam seukuran Los Angeles Submarine.

Teknologi Stealh di kapal perang memang mahal, belum lagi urusan mesin yang dari Roll Rycle Marine Trend 30 gas turbine dengan kekuatan 78MW.  Hanya membutuhkan 142 awak dibanding kapal perang lain yang membutuhkan 300 awak kapal. Karena sebagian besar peralatan tempur sudah otomatis.


Video dibawah ini tentang kapal perusak Freedom dan Independent