Airbus memiliki pesawat Beluga atau A300-600ST super transporter. Pesawat ini bertugas membawa suku cadang pesawat dari satu pabrik ke pabrik lain untuk proses perakitan. Ada 5 pesawat Beluga yang dioperasikan Airbus.

Badan pesawat Beluga diambil dari A300-600 tapi bagian atap dirubah lebih besar untuk membawa barang, dan bagian sirip belakang dimodifikasi menjadi portabel untuk penyeimbang pesawat. Pesawat ini mampu membawa sayap Boeing A340 utuh di dalamnya. Tidak hanya komponen pesawat, tugasnya juga membawa komponen satelit, helikopter atau komponen lainnya. Pesawat Beluga juga diminta bantuan untuk membawa barang yang ukurannya tidak mampu dibawa pesawat komersil. Khususnya ukuran barang sampai 5 meter panjangnya.

Bagian dek Beluga setara dengan pesawat C-5 Galaxy atau Antonov AN-124. Tetapi lebih kecil dari pesawat raksasa Antonov AN-225

Penerbangan pesawat Beluga dimulai tahun 1994. Pesawat Beluga nyaris terbang nonstop setiap hari mengirim komponen perakitan pesawat. Ukuran dinding cargo pesawat memiliki diameter 7.1 meter. Maksimum daya angkat sampai 47 ton.

Airbus memiliki Beluga XL sebagai penganti Beluga lama. Mengunakan disain dari Airbus A330. Pesawat ini diharapkan memberi jarak tempuh lebih jauh, dan membawa muatan lebih berat, kemampuan mendarat dan tinggal landasan di landasan pendek. Seperti Airport Broughton di Inggris dimana pabrik Aribus membuat sayap pesawat.