alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 05 April 2015

10 KAPAL INDUK TERBESAR DARI BERBAGAI NEGARA

10 Kapal Induk Terbesar Dari Berbagai Negara


Spoiler for Intro
Quote:Quote:
Sekilas Mengenai Kapal Induk


Kapal induk (bahasa Inggris: carrier vessel, CV) adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan. Saat Tsunami Aceh tahun 2004, Angkatan Laut Amerika Serikat menurunkan 1 kapal induknya dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban, mencari orang-orang hilang, dan mengangkut jenazah-jenazah korban.

Spoiler for TKP
Spoiler for 10.
Quote:HTMS Chakri Naruebet, Thailand


HTMS Chakri Naruebet adalah kapal induk terbesar kesepuluh di dunia. Dibangun oleh perusahaan pembuat kapal Italia Izar (sekarang Navantia) dan berfungsi sebagai kapal induk pengakomodasi pesat STOVL (lepas landas dan mendarat pendek/vertikal-termasuk helikopter). Pertama kali digunakan Thailand pada Maret 1997.

Kapal dengan displacement penuh 11.486 ton ini mengangkut 455 kru, termasuk 62 perwira dan 145 air wing. Dek penerbangannya berdesain ski jump 12 derajat yang memungkinkan untuk mengoperasikan pesawat Harrier.

Persenjataan utama Chakri Naruebet terdiri dari peluncur MBDA Sadral untuk rudal anti pesawat Mistral. Sistem propulsinya adalah kombinasi diesel dan sistem gas, terdiri dari dua turbin gas GE LM2500 dan dua mesin diesel Bazan - MTU 16V1163 TB83 yang menggerakkan lima bilah pada tiap poros. Kecepatan maksimumnya 26 knot dengan jangkauan 10.000 mil laut (ditempuh dengan kecepatan 12 knot).

Spoiler for 9
Quote:
Giuseppe Garibaldi (551), Italia




Giuseppe Garibaldi adalah kapal induk terbesar ke sembilan di dunia dengan displacement 13.370 ton. Kapal ini dibangun oleh perusahaan Fincantieri Italia untuk Angkatan Laut Italia.

Giuseppe Garibaldi ditugaskan ke Angkatan Laut Italia pada bulan September 1985. Dapat mengakomodasi pengoperasian helikopter dan pesawat STOVL. Helikopter sendiri disimpan di hangar berukuran 2.500 m².

Kapal induk ini didukung oleh empat turbin gas FIAT-GE LM 2500 yang menggerakkan dua baling-baling. Kecepatan maksimumnya 30 knot dan kisaran jangkauan sejauh 7.000 mil laut.

Spoiler for 8
Quote:

HMS Illustrious (R06), Inggris



Kapal induk terbesar ke delapan di dunia adalah HMS Illustrious dan menjadi satu-satunya kapal induk dari kelas Invincible dioperasikan saat ini. Displacement 22.000 ton, kapal ini melayani Angkatan Laut Inggris sebagai kapal komando helikopter yang ditugaskan sejak Juni 1982.

HMS Illustrious dapat menampung helikopter seperti Merlin, Sea king, Lynx atau Apache dan Chinook. Utamanya saat ini digunakan untuk tugas pengawalan atau operasi kontra pembajakan. Kapal induk ini selanjutnya akan digantikan oleh HMS Elizabeth pada 2016 nanti.

Persenjataannya adalah senjata jarak dekat Goalkeeper CIWS dan GAM-B01 20mm. Pembangkit listriknya terdiri dari empat turbin gas Rolls-Royce Olympus TM3B dan delapan generator diesel Paxman Valenta. Kecepatan maksimum 30 knot dan jangkauannya sekitar 5.000 mil laut.

Spoiler for 7
Quote:
INS Viraat, India



INS Viraat (R22), adalah kapal induk terbesar ketujuh di dunia. INS Viraat berasal dari Kelas Centaur yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut India. Dan juga termasuk sebagai kapal induk tertua yang masih dioperasikan. Awalnya dioperasikan oleh Angakatan Laut Inggris pada tahun 1959 dengan nama HMS Hermes, kemudian dijual ke India pada tahun 1986.

INS Viraat memiliki displacement 28.700 ton dan membawa hingga 30 pesawat dan helikopter, seperti Sea Harrier, Westland Sea King, HAL Chetak dan HAL Dhruv (helikopter HAL adalah buatan India). Total kru 1.350.

Meriam Bofors AA dan peluncur rudal permukaan ke udara "Barak" 
dilengkapkan pada kapal induk ini guna melindungi dari serangan udara dan permukaan. Sistem propulsi turbin uapnya memberikan kecepatan maksimum hingga 28 knot

Spoiler for 6
Quote:
Cavour (550), Italia



Cavour (550) dengan displacement 30.000 ton adalah kapal induk terbesar keenam di dunia. Kapal induk menjadi kekuatan utama bagi Angkatan Laut Italia (Marina Militare).

Cavour ini memiliki dek penerbangan seluas 232.6m x 34.5m (2 hektar), yang dapat menampung pesawat sayap tetap seperti AV-8B Harrier dan JSF serta helikopter EH101, AB212, NH 90 dan SH3D. Kapal membawa 1.292 kru, termasuk tentara.

Persenjataannya terdiri dari sistem pertahanan jarak dekat, senjata dan decoy launchers untuk mengatasi berbagai ancaman. Pembangkit listrik terdiri dari empat turbin gas 22MW AVIO/GE LM2500 yang memberikan kecepatan 
maksimum 29 knot.

Spoiler for 5
Quote:
São Paulo (A12), Brasil



São Paulo (A12) adalah kapal induk terbesar kelima di dunia, dengan displacement penuh 32.000 ton. Ini adalah kapal induk dari Kelas Clemenceau yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Brasil. Awalnya kapal ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis pada tahun 1963 dengan nama Foch (R99), kemudian dijual ke Brasil pada tahun 2000.

São Paulo membawa 1.920 kru, yang terdiri dari 1.338 kru dan 582 air wing. Dek penerbangannya dapat menampung 39 pesawat tempur, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter..

Persenjataannya terdiri dari sistem SACP Crotale EDIR, peluncur Simbad dan senjata laut untuk perlindungan dari ancaman dari permukaan dan udara. Keenam boilernya menghasilkan tenaga 126.000 tenaga kuda yang membuat São Paulo memiliki kecepatan penuh 32 knot, salah satu kapal induk tenaga konvensional yang tercepat yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut dunia.

Spoiler for 4
Quote:
Charles de Gaulle (R91), Perancis


Kapal induk Charles de Gaulle (R91) merupakan kapal permukaan Perancis pertama yang bertenaga nuklir, dan sebagai kapal perang terbesar di Eropa Barat. Kapal ini juga menjadi satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir yang dioperasikan di luar Angkatan Laut Amerika Serikat.

Kapal induk ini baru mengalami reparasi selama enam bulan, selesai pada Juli 2013 lalu. Kapal ini dapat menampung 40 pesawat sayap tetap dan helikopter termasuk Rafale M, Super Etendard, E-2 Hawyeke, SA365 Dauphin, EC725 Caracal dan AS532 Cougar.

Kapal dengan displacement penuh 42.000 ton ini membawa 1.350 kru dan 600 air wing. Pembangkit listriknya terdiri dari dua reaktor air K15 yang memberikannya kecepatan maksimal hingga 27 knot.

Spoiler for 3
Quote:
Liaoning, China




Liaoning menjadi satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN). Awalnya dibangun oleh Uni Soviet sebagai kapal berikutnya dari Kelas Admiral Kuznetsov, namun pembangunannya tidak pernah rampung. Di Uni Soviet, Liaoning sebelumnya diberi nama Riga dan Varyag.

Chong Lot Travel Agency yang berbasis di Hongkong membeli Liaoning pada suatu lelang di tahun 1998 dengan ide mengkonversinya menjadi kasino terapung tetapi tidak pernah terealisasi. Kapal "yatim piatu" ini kemudian dipindahkan ke Ukraina setelah bubarnya Uni Soviet. Liaoning kemudian diakuisisi oleh China dan diselesaikan pembangunannya di galangan kapal Dalian, China, untuk selanjutnya melayani PLAN. Liaoning akhirnya resmi dioperasikan pada September 2012.

Kapal induk ini dipersenjatai dengan rudal HQ-10,1030 CIWS dan peluncur roket anti kapal selam (ASW). Displacement 59.000 ton (muatan penuh) dan didukung oleh propulsi turbin uap. Dek penerbangannya mampu menampung sekitar 50 pesawat, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.

Spoiler for 2
Quote:
Admiral Kuznetsov (Laksamana Kuznetsov), 
Federasi Rusia



Admiral Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Rusia. Dibangun oleh galangan kapal Nikolayev South, Kuznetsov mendapatkan peringkat sebagai kapal induk terbesar kedua di dunia. Memiliki displacement 58.500 ton hingga 67.500 ton.

Luas dek penerbangannya yang 14.700m² (3,6 hektar), menjadikan Admiral Kuznetsov mampu menampung jet tempur Su-33, MiG-29K dan Su-25UTG/UBP STOVL, serta helikopter Ka-27, Ka-27LD32 dan Ka-27PLO. Kapal induk ini diawaki oleh 1.960 kru, 626 air wing dan 40 staf bendera.

Kapal induk Rusia ini didorong oleh sistem propulsi turbin uap yang 
memberikan kecepatan maksimum hingga 32 knot. Persenjataannya terdiri dari rudal jelajah anti-kapal P-700 Granit, AK-630 AA, dan CADS-N-1 Kashtan CIWS dan peluncur roket RBU-12000 UDAV-1 ASW.

Spoiler for 1
Quote:
Kelas Nimitz, Amerika Serikat


Kapal induk Kelas Nimitz memiliki displacement penuh 97.000 ton, adalah kapal induk terbesar di dunia. Kapal induk kelas Nimitz pertama dioperasikan pada Mei 1975, sedangkan kapal induk dari Kelas Nimitz yang kesepuluh atau yang terakhir (10 juga menjadi jumlah total kapal induk AS yang masih beroperasi), USS George HW Bush (CVN 77), baru dioperasikan pada Januari 2009. Umur dari setiap kapal induk Kelas Nimitz adalah sekitar 50 tahun, dan hanya membutuhkan satu kali perbaikan di pertengahan hidupnya (25-30 tahun). 

Kapal induk super ini memiliki panjang 332,8 meter dan luas dek penerbangan 4,5 hektar yang mampu mengakomodasi lebih dari 60 pesawat. Menampung 3.000 hingga 3.200 kru, 1.500 air wing dan 500 kru lainnya.

Kelas Nimitz menggunakan dua reaktor nuklir yang memberikan kecepatan maksimum lebih dari 30 knot. Rudal Sea Sparrow, Phalanx close-in weapon system (CIWS) dan Rolling Airframe Missiles (RAMs) dilengkapkan pada kapal untuk mengatasi ancaman potensial. Kapal-kapal induk kelas Nimitz selanjutnya akan digantikan oleh kapal induk Kelas Gerald R. Ford (CVN 78), dijadwalkan pada 2015 nanti.
http://www.kantong.in/threads/573

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.