Kapal induk
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapal induk (bahasa Inggris: carrier vessel, CV) adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur
dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam
armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut.
Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai
kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan.
Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas
tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain
kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti
pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan. Saat Tsunami
Aceh tahun 2004, Angkatan Laut Amerika Serikat menurunkan 1 kapal
induknya dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban,
mencari orang-orang hilang, dan mengangkut jenazah-jenazah korban.
Daftar isi
Sejarah kapal induk
Kapal induk pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Inggris,
namun sampai menjelang perang dunia kedua negara-negara barat termasuk
Amerika Serikat masih enggan menggunakannya sebagai kekuatan Angkatan
laut utama. Konsep konvensional armada angkatan laut saat itu didominasi
oleh Kapal jelajah berat, Kapal jelajah, Kapal perusak (destroyer)
dengan ukuran meriam yang cukup besar hal ini memang disebabkan bahwa
kapal induk dipandang cukup rentan dan riskan bila digunakan dalam
operasi maritim.
Adalah Angkatan Laut Jepang (Kaigun) yang menggunakan kapal Induk
secara efektif pada awal perang dunia II. Akibat perjanjian maritim
antara Inggris Amerika dan Jepang serta Perancis dan Jerman disepakati
rasio tonase 5:5:3:1,5:1,5 untuk USA, Inggris, Jepang, Perancis dan
Jerman membuat Jepang mengakalinya dengan membuat kapal induk ukuran
sedang tetapi dilengkapi kekuatan udara yang mematikan sekalipun menuai
kemarahan dari pihak militer sendiri. Bukti dari rekayasa Jepang adalah
serangan atas Pearl Harbour 9 Desember 1941 yang menyadarkan Barat akan
fungsi kapal induk yang dapat melakukan serangan mematikan atas
instalasi sasaran lawan. Saat mulainya Perang Pasifik, Jepang memiliki 6
kapal induk yaitu Akagi, Kaga, Soryu, Hiryu, Shokaku, dan Zuikaku, dan 2
kapal induk ringan yaitu Hosho dan Ryujo. Jepang kehilangan 4 kapal
induknya pada Pertempuran Midway, yaitu Akagi, Kaga, Soryu, dan Hiryu.
Sejak saat itu, ofensif-ofensif Jepang menggunakan kapal induk sudah
dihentikan dan menjadi tidak berarti lagi.
Negara-negara pengguna kapal induk
Negara-negara yang pernah menggunakan kapal induk
Jenis-jenis kapal induk
Dari segi propulsi
Dari segi bahan bakar terdapat dua jenis kapal induk yakni:
Kapal Induk Nuklir
Kapal Induk ini menggunakan mesin bertenaga nuklir yang diperoleh dari reaktor nuklir yang berada pada kapal tersebut yang dihubungkan dengan turbin uap.
Tenaga uap yang dihasilkan kapal Induk tersebut selain sebagai
penggerak kapal juga digunakan sebagai sumber tenaga listrik serta
tenaga uapnya digunakan sebagai pengatur tekanan pada catapult kapal
induk untuk meluncurkan pesawat. Untuk Armada Amerika serikat kapal ini
diberi kode CVN contoh kapal induk nuklir adalah USS Ronald Reagan, USS Kitty Hawk, USS Enterprise.
Kapal Induk Konvensional
Kapal induk ini menggunakan mesin bertenaga diesel contohnya adalah 25 de Mayo (Argentina), Giuseppe Garibaldi (Italia), RTN Chakkri Narruebet (Thailand). Untuk Armada Amerika Serikat biasanya digunakan kode CV dan pada saat ini jarang digunakan.
Teknis Peluncuran Pesawat
Kapal Induk Konvensional (CTOL/Conventional Take Off Landing)
Kapal induk jenis ini biasanya berukuran besar karena geladaknya
digunakan sebagai tempat pendaratan dan peluncuran pesawat secara
convensional (biasa). Dilengkapi dengan catapult untuk meluncurkan
pesawat dan kabel arrester (penahan) untuk membantu pendaratan pesawat,
karena panjang geladak kapal induk lebih pendek daripada panjang
landasan di pangkalan. Selain tempat parkir pesawat selain ruangan yang
berada pada lambung kapal. Kapal Kapal Induk yang digunakan US Navy rata
rata adalah kapal induk jenis ini. Contoh : USS Ronald Reagan, USS John
F Kennedy. Kiev(Rusia), 25 de Mayo (Argentina), Foch dan Charles de
Gaulle (Perancis)
Kapal Induk STOVL (Short Take Off Vertikal Landing)
Kapal induk ini biasanya berukuran sedang/ringan, memiliki Sky Jump
yang digunakan untuk meluncurkan pesawat dan pendaratan pesawat
dilakukan secara vertikal. Oleh karena itu pesawat pesawat yang
digunakan adalah pesawat pesawat tempur jenis khusus semacam AV-8
Harrier (USA) , Harrier II Plus (Inggris), Yak 38 Forger, Yak 141
Freehand (Rusia) ataupun Helikopter. Pada pesawat tempur Rusia biasanya
dilengkapi laser untuk memudahkan pendaratan. Hampir kebanyakan negara
menggunakan kapal Induk Jenis ini karena memerlukan biaya perawatan dan
operasional yang lebih rendah daripada kapal induk jenis CTOL. Contoh
dari Kapal Induk Jenis ini adalah: HMS Invincible, HMS Ark Royal
(Inggris), Giuseppe Garibaldi (Italia), Prince de Asturias (Spanyol),
Viraat, Vikrant (India), Novorossysk (Rusia), Chakri Narruebet
(Thailand), USS Tarrawa (USMC.)
Dari segi Fungsional
- Kapal Induk Armada
- Kapal Induk Escort
Fakta kapal induk
Kapal induk terdiri dari 3 jenis jika dilihat dari jenis penggeraknya, yaitu berpenggerak nuklir, Diesel dan turbine.
- Kapal induk sedikitnya menampung 6,000 crew dan 70 hingga 80 pesawat.
- Kapal induk dirakit paling tidak terdiri dari 1.milliar component yang terintegerasi menjadi sebuah konstruksi kapal.
- Kapal induk memiliki panjang berkisar 1000 feet (300-an meter)
- Kapal induk tidak pernah berlayar dilaut lepas seorang diri, kapal induk memiliki sebuah grup armada yang terdiri dari kapal perusak, kapal penjelajah, kapal korvet, kapal suplai makanan,air dan bahan bakar, serta sebuah submarine ( kapal selam)
- Mendarat dengan pesawat di kapal induk merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para penerbang, karena menggunakan Hook (pengait) dan pada saat turun ke geladak pesawat tidak mengurangi kecepatan, justru mempercepat pesawat untuk menghindari landing failure sehingga pesawat bisa terbang lagi bila hal tersebut terjadi.
- Pada kapal induk amerika, pekerja di atas kapal menggunakan rompi berwarna warni khusus untuk mengetahui tugas mereka. contohnya petugas berompi merah bertugas memasang bom dan rudal ke tubuh pesawat terbang, rompi kuning sebagai pemandu dan pengarah pesawat, rompi putih sebagai crew pemberi tanda pendaratan, rompi cokelat sebagai air wing plane captain, rompi ungu sebagai petugas pengisi bahan baker, rompi hijau bertanggung jawab pada instalasi katapel untuk pendorong pesawat serta fotografi dan urusan cargo, serta rompi biru yang bertugas mengurus pesawat serta operator elevator pesawat, supir traktor dan juga penghubung.
- Sebuah kapal induk bertenaga nuklir dapat berlayar tanpa pengisian bahan bakar selama 20 tahun.
- 'island' adalah sebutan bagi tower komando yang terletak diatas geladak, tinggi nya berkisar 46 meter dan lebar 6 meter. Pada bagian inilah pusat komando dilaksanakan
- Ada dua jenis konfigurasi geladak pendarat yaitu versi Flat deck dan deck sky Jump ( digunakan untuk pesawat Short take off and landing/ STOL dan Vertical take off landing/ VTOL biasanya dihuni oleh armada pesawat Harrier atau Yakovlev (russia/soviet).
- Untuk terbang, pesawat di dorong oleh sebuah 'catapult' bertekanan tinggi yang akan menyeret dan melempar pesawat terbang untuk memperpendek jarak take off.
- Selain menggunakan 'hook' untuk mendarat, pilot di pandu oleh sebuah lampu yang berada di deck kapal untuk memposisikan pesawat yang akan mendarat pada sudut dan posisi yang aman. Lampu pemandu tersebut disebut “meatball” (meatball letaknya disebelah kiri runaway deck)
- Hangar pesawat yang terletak di bawah deck dibuat tahan ledakan dan tahan api dan terdapat lift yang tugasnya mengangkat pesawat ke atas deck peluncur.
- Kapal induk dilengkapi dengan berbagai missile untuk pertahanan diri (defence) antara lain seperti Phalanx dan seasparrow (dua missile yang ada di kapal induk amerika)
- Kapal induk bisa memiliki bobot berkisar 15.000 – 90.000 ton
- Selain bertampang sangar, di dalam kapal induk juga memiliki fasilitas lain seperti bar, bioskop, ruang medis, fasilitas olahraga dll.
- Jet blast deflectors, berfungsi sebagai penahan ledakan agar tidak mengenai pesawat yang ada dibelakangnya, saat persiapan peluncuran pesawat, pesawat dalam keadaan terkait dengan catapult dan jet blast deflector dalam posisi terangkat dan posisinya tepat dibelakang ekor pesawat. biasanya terdapat empat Jet Blast deflector dalam sebuah kapal induk.
Album
Referensi
- Ader, Clement, "Military Aviation", 1909, Edited and translated by Lee Kennett, Air University Press, Maxwell Air Force Base Alabama, 2003, ISBN 978-1-58566-118-3
- Francillon, René J, Tonkin Gulf Yacht Club US Carrier Operations off Vietnam, (1988) ISBN 978-0-87021-696-1
- Friedman, Norman, U.S. Aircraft Carriers: an Illustrated Design History, Naval Institute Press, 1983. ISBN 978-0-87021-739-5. Contains many detailed ship plans.
- Nordeen, Lon, Air Warfare in the Missile Age, (1985) ISBN 978-1-58834-083-2
- Polak, Christian (2005). Sabre et Pinceau: Par d'autres Français au Japon. 1872–1960 (dalam bahasa French, Japanese). Hiroshi Ueki (植木 浩), Philippe Pons, foreword; 筆と刀・日本の中のもうひとつのフランス (1872–1960). éd. L'Harmattan.
- Sturtivant, Ray (1990). British Naval Aviation, The Fleet Air Arm, 1917–1990. London: Arm & Armour Press. ISBN 0-85368-938-5.
Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.