alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 10 Mei 2015

POTENSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DI INDONESIA

Indonesian's BLOGGER


Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dengan sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau , baik pulau kecil maupun pulau-pulau besar. Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang menyebabkan Indonesia beriklim tropis. Di daerah yang beriklim tropis cahaya matahari berlangsung sepanjang tahun, itu merupakan salah satu sumberdaya yang dimiliki Indonesia.
Cahaya matahari merupakan sumber daya alam yang ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, salah satunya adalah pembangkit listrik yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sayangnya di Indonesia masih belum dapat memaksimalkan sumber daya tersebut, salah satu penghambatnya adalah mahalnya perlatan yang dibutuhkan untuk membuat panel surya.
Sel surya merupakan komponen utama Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sel surya adalah dioda semikonduktor yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Selain terdiri atas modul-modul sel surya, komponen lain dalam sistem PLTS adalah Balance of System (BOS) berupa inverter dan kontroller. Selain komponen tersebut dalam sistem PLTS terdapat  juga batere yang berfungsi untuk menyimpan energi, jadi walaupun tidak ada cahaya matahari PLTS tetap dapat memasok listrik dari batere.
Pembangkitan energi listrik pada sel surya terjadi berdasarkan efek fotolistrik, atau disebut juga efek fotovoltaik, yaitu efek yang terjadi akibat foton dengan panjang gelombang tertentu yang jika energinya lebih besar daripada energi ambang semikonduktor, maka akan diserap oleh elektron sehingga elektron berpindah dari pita valensi (N) menuju pita konduksi (P) dan meninggalkan hole pada pita valensi, selanjutnya dua buah muatan, yaitu pasangan elektron-hole, dibangkitkan. Aliran elektron-hole yang terjadi apabila dihubungkan ke beban listrik melalui penghantar akan menghasilkan arus listrik.
Berikut prinsip pembangkit listrik tenaga surya:
Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.