alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Rabu, 11 Februari 2015

NELAYAN INDONESIA TEWAS SETELAH DITAHAN DI AUSTRALIA


by ouwehoer at ... » Wed Apr 07, 2004 6:47 Pm Khusus untuk Dirty (mind) Harry A. yang menganggap  "Ostrali warga dunia yang terhormat"
Kamis, 8 April 2004 
SUARA PEMBARUAN DAILY 

Seorang Nelayan Indonesia Tewas Setelah Ditahan di Australia Pemerintah Indonesia Harus Membentuk Tim Khusus untuk Menyelesaikannya

JAKARTA - Seorang nelayan asal Indonesia yang diketahui bernama Mansur La Ibu, pekan lalu, tewas saat dalam tahanan pihak ke- amanan Australia. Mansur ditahan bersama sejumlah nelayan Indonesia lainnya karena kapal yang digunakannya terdampar di Perairan Australia bagian Utara. 
Kematian nelayan asal Indonesia tersebut diungkapkan Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) dalam keterangan tertulisnya kepada Pembaruan di Jakarta, Selasa (6/4). Berkaitan dengan hal itu, YPTB mengutuk perlakuan
sewenang-wenang dan tindak kekerasan yang dilakukan pihak keamanan
Australia terhadap nelayan Indonesia yang terdampar di wilayahnya.

YPTB juga mendesak Pemerintah Indonesia segera membentuk tim khusus untuk menyelesaikan klaim sepihak Australia, dan membantu para nelayan RI yang  saat ini ditahan. 
Dalam keterangan tertulisnya, Ketua YPTB, Ferdi Tanoni mengungkapkan, pihak keamanan Australia te-lah bertindak sewenang-wenang terhadap para nelayan Indonesia yang ditahan di Pelabuhan Darwin, Australia Utara. YPTB
melaporkan, petugas Imigrasi Pemerintah Federal Australia telah bertindak di luar batas kewajaran kemanusiaan, dengan menyekap tujuh nelayan Indonesia selama beberapa minggu, dalam sebuah perahu nelayan kecil tanpa dilengkapi fasilitas yang layak. 
YPTB juga memastikan seorang nelayan Indonesia, Mansur La Ibu, pekan lalu
tewas akibat perlakuan tersebut. 
"Tindakan tidak manusiawi tersebut seperti tidak adanya perlindungan dan
fasilitas layak bagi nelayan dan tidak boleh meninggalkan kapal kecil mereka yang berukuran 13,5 meter selama berminggu-minggu. Sementara cuaca buruk dan badai tropis sering melanda kawasan Australia Utara. Laporan yang kami terima dipastikan satu orang nelayan telah tewas," tegasnya. 
Tinjau Ulang Ferdi Tanoni menjelaskan, kepastian kematian Mansur La Ibu diperoleh dari salah seorang petugas pemeriksa mayat Australia Utara di Darwin, Greg Cavanagh. Ferdi, mengutip pernyataan Greg, mengatakan, Otorita Manajemen Perikanan Australia harus meninjau kembali tentang penahanan nelayan-nelayan ilegal, termasuk dari Indonesia. Berkaitan dengan itu, Greg juga mengimbau Departemen Imigrasi Australia bersama Konsulat Republik Indonesia di Darwin, untuk mencari sebuah solusi terbaik terhadap nasib nelayan Indonesia yang ditahan Australia Seperti diketahui, para nelayan dikenai tuduhan memasuki dan menangkap ikan di perairan Australia secara ilegal. Mereka yang terdampar dan ditahan pihak Australia tersebut tidak diperkenankan meninggalkan kapal kecil miliknya. Proses hukum ataupun upaya pemulangan ke Indonesia juga tidak dilakukan oleh pemerintah setempat. 

Sementara itu Menteri Perikanan Australia Ian Macdonald, Senin (5/4) di
Sydney, mengatakan, kapal-kapal ilegal tersebut ditahan karena memasuki
perairan Australia Utara secara ilegal. Jumlah kapal yang ditangkap tersebut mencapai 131 buah pada 2003 atau meningkat 10 kapal dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini, pihaknya telah memulangkan sebagian nelayan dan beberapa nelayan masih ditahan dan sedang diproses hukum YPTB mendesak Departemen Luar  Negeri RI untuk segera membentuk sebuah tim independen dengan mengikut sertakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan berbagai pihak independen terkait, baik dari Indonesia maupun Australia untuk menginvestigasi kasus tersebut. (H-12)

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.