alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 15 Februari 2015

PRODUKSI 200.000 BAREEL DI CELAH TIMOR

Produksi  200.000 bareel di Celah Timor

Pengamat hukum di Canberra berpendapat, jika tuntutan terhadap Pemerintah Australia ini akhirnya terpenuhi akan berarti,  Australia harus membayar kembali perusahaan-perusahaan minyak yang sudah menandatangani kontrak eksplorasi minyak di Celah Timor.  “Jumlah yang harus dibayarkan ini cukup besar,” tambah pengamat hukum tadi. Sedikitnya 7 (tujuh) perusahaan minyak raksasa dunia berniat membelanjakan sekitar, 500 juta dollar Australia (sekitar Rp.670 milyar) bagi, pemboran 45 sumur eksplorasi di Celah Timor. Analis perminyakan memperkirakan, ladang minyak Celah Timor bakal menghasilkan minyak,  200.000 barrel per hari pada tahun l995.  

Tujuh perusahaan minyak itu antara lain : 

1. USX-Marathon Oil Co, 
2. The Broken Hill Pty Co.Ltd, 
3. Phillips Petroleum Co, 
4. Woodside Pertoleum Oil
5. Pic dan  Royal Dutsh/Shell Group.
6. Western Geophysical,
7. Owen Oil. 

Tidak dijelaskan pada daerah mana, raksasa minyak dunia ini akan melakukan kegiatan mereka. 
Perjanjian Celah Timor membagi zona kerja sama menjadi tiga daerah, yakni,  daerah A, B, dan C.  Daerah A yang terletak ditengah daerah B dan C, akan dimanfaatkan bersama oleh kedua pihak dengan bagi hasil 50-50. 
Untuk itu akan dibentuk Dewan Menteri dan Otorita Bersama. Disepakati kantor pusat Otorita Bersama di Jakarta, Sedangkan cabangnya di Darwin.

Daerah B yang dekat ke wilayah Australia akan digarap Australia sebagaimana berlaku selama ini. Namun Australia akan  memberikan kepada Indonesia l6 % dari penghasilan pajak bersih, atau l0 % dari penghasilan pajak kotor, sebagai imbangan dari l0 % dari pajak  pendapatan kontraktor yang diberikan Indonesia dari  Daerah C. Sedangkan Daerah C yang dekat dengan wilayah Indonesia, akan digarap bersama dengan pembagian 50-50.
Namun dari hasil perjanjian, Daerah C diberikan pada Indonesia dengan ketentuan Indonesia hanya akan memberikan l0 % dari pajak pendapatan kontraktor. Dan Indonesia akan memberitahukan Australia tentang kegiatan eksplorasi dan eksploitasi di Daerah C  sebelumnya. Daerah kerja sama itu mencakup areal 61.000 Km persegi, dan sampai sekarang baru l5.000 km persegi, yang dieksplorasi. Sejauh ini belum ada angka pasti menyangkut kandungan minyak di Celah Timor, namun sejumlah pakar perminyakan menyebutkan kawasan itu termasuk miliki kandungan minyak yang cukup besar. (Kompas, jumat,l0-l2-l993, -Rtr/*/ppg).


Komentar Penulis :

Hingga kini  hasil perjanjian kerja sama ini, belum terealisir.  Dan yang menikmati hanya Australia dan Timor Leste saja.  Indonesia “Nol Besar”. Bagaimana tindakan pemerintah Indonesia terhadap  perjanjian tersebut? (Hingga saat ini masih diam saja)? Apakah tindakan Menteri Luar Negeri yang menyerahkan gugusan Pulau Pasir (Ashmore Reef, Cartie Reef dan Scott Reef kepada Australian) yang masih wilayah Kabupaten Rote Ndao, NTT kepada Australia, sebagai konpensasi pengakuan de yure atas integrasi Timor Timur, dibenarkan atau tidak?  Presiden SBY, maupun Presiden hasil pemilu 2009, 2014, dan selanjutnya  perlu meninjau kembali, dan memperjuangkan gugusan pulau Pasir kembali ke Indonesia. Apalagi sekarang Timor-Timur telah merdeka, lepas dari Indonesia sehingga, otomatis, semua MOU Indonesia-Australia menjadi batal dengan sendirinya. Hal ini supaya menjadi perhatian MPR—DPR RI—Menlu—Menteri Pertahanan, dan Lembaga Tinggi Negara lainnya yang terkait. ( Ini PR yang segera dituntuskan).


(Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.