alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 15 Februari 2015

"PEMERINTAH BUKA TENDER 10 BLOK MIGAS BARU'

“Pemerintah Buka Tender 10 Blok Migas Baru”

TEMPO Interaktif, Jakarta: 14 Oktober 2003,
Pemerintah membuka tender untuk 10 blok minyak dan gas baru kepada para investor.Kesepuluh blok migas yang ditawarkan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi minyak dan gas dalam negeri. Secara rinci, nama-nama blok migas yang ditawarkan pemerintah yaitu :

1.blok Lhoksumawe (5860 km2),
2.blok Ujung Kulon di Banten (3. 725 km2),
3.blok North East Madura III di lapas pantai Jawa Timur (3. 750 km2),
4.blok North East Madura IV (3. 750 km2),
5.blok North East Madura V (3. 750 km2),

6.blok Rote I di NTT (18. 670 km2),
7.blok Rote II  di NTT (14. 200 km2), 
(Blok Rote I dan Blok Rote II Total = 32.870 km2)

8.Blok Babar di Maluku (17. 520 km2),
9.blok Selaru (19. 310 km2), dan
10.blok Manokwari (8. 945 km2).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Iin Arifin Takhyan mengatakan, pengambilan bid info terhadap 10 blok yang ditawarkan berlangsung mulai 1 Desember 2003 sampai 31 Mei 2004. Sedangkan batas akhir penyerahan dokumen penawaran oleh peserta tender tanggal 30 Juni 2004. “Evaluasi dokumen penawaran 1,5 bulan. Namun, hal itu tergantung dari jumlah peserta tender yang menyerahkan dokumen penawaran,” kat Iin. Klarifikasi forum sendiri, lanjutnya, akan diselenggarakan 18 Juni 2004.Iin menambahkan, sebelum membuka tender, pemerintah telah melakukan studi terlebih dahulu terhadap wilayah kerja pertambangan yang ditawarkan. “Studi itu mencakup nilai keekonomian. Jadi, sudah ada perkiraan apakah blok yang ditawarkan ada isinya, dan berapa besarnya,” ujarnya.Kalau yang blok yang ditawarkan itu tidak laku, ia menjelaskan, penawaran terus berlangsung. 

“Kalau ternyata ada yang tertarik mengajukan diri untuk mengelolanya, dan mereka perusahaan bonafit, kita langsung hargai,” kata Iin.Selain itu, ucap Iin, jika ada perusahaan yang berinisiatif mengajukan diri karena sudah mengetahui ada suatu daerah yang berpotensi menghasilkan migas, maka pemerintah akan menawarkannya terlebih dahulu melalui surat kabar selama satu bulan. “Kita lihat apakah ada perusahaan lain yang tertarik. Kalau tidak ada, kita langsung berikan ke perusahaan yang yang mengajukan,” ucap Iin. Tapi, ia melanjutkan, jika ternyata ada perusahaan lain yang berminat, maka akan ada kompetisi antar perusahaan yang berminat untuk menawarkan program terbaik.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, sebelum blok-blok migas itu ditawarkan, pemerintah telah melakukan studi untuk melihat visibilitas blok yang ditawarkan. “Setelah itu baru ditawarkan untuk dibuka tendernya,” kata Purnomo.Ia juga menambahkan, tetap terbuka kemungkinan bagi para investor yang hendak mengambil daerah-daerah yang belum dipelajari Dirjen Migas. Namun, ucapnya, hal itu tetap mengikuti prinsip-prinsip transparansi. “Jadi tidak bisa begitu saja investor ingin mengambil daerah tertentu,” katanya

Penulis : Drs.Simon Arnold Jkulian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.