alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Kamis, 01 Januari 2015

KARAKTER (WATAK ORANG ROTE)

Karakter/Sifat Orang Rote

Adalah: bahwa berdasarkan penelitian orang Belanda terdapat beberapa sifat dan karakter orang-orang Rote yang dianggap ‘posetif’  maupun faktor lainnya yang menyadi pertimbangan untuk membangun dan memajukan “pendidikan di Rote” adalah antara lain sebagai berikut:     
1.    Faktor letak;  pulau Rote adalah pulau yang paling dekat ke Kupang sebagai pusat pemerintahan Belanda sehingga mudah dijangkau, jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Timur.
2.    Faktor manusiannya; pada umumnya orang Rote, fleksibel dan cepat beradaptasi serta menyesuaikan diri dengan siapa saja.
3.    Dalam menyelesaikan problema atau masalah lebih mengandalkan otaknya dari pada fisik, artinya menempuh jalan damai dan diplomasi bukan dengan otot / fisik, (yang ditonjolkan disini adalah kecakapan berbicara dan kecakapan menganalisa masalah dengan mempergunakan logika berpikirnya.
4.    Kemandidrian; artinya untuk mencapai kemajuan dia tidak terlalu bergantung pada orang lain, tetapi berdasarkan perjuangan kemampuan pribadi dan usaha mandiri. Lebih mengandalkan kemampuan individualistisnya daripada kemampuan kelompok.
5.    Memiliki kemauan untuk maju artinya tidak mau ketinggalan dengan orang lain, dimana ia juga  ingin maju.
6.    Memiliki sifat hormat dan menghargai orang lain.
7.    Cepat menerima/meniru sesuatu yang baru setelah melihat contoh-contoh serta bukti-bukti.
8.    Mudah diajak kerja sama.
9.     Patuh ; artinya yang baik selalu akan diterima
10.  Menjaga kepercayaan; artinya jika diberikan kepercayaan tidak perlu diragukan lagi, tidak akan disia-siakan kepercayaan itu.
11.  Cerdas dan logika tinggi, artinya cepat memahi persoalan dan cepat mengantisipasinya. 
12.  Tidak serakah; artinya sesuatu yang bukan haknya, tidak akan diributkan.
13.  Kekelurgaan; artinya tidak pandang bulu, dengan siapa saja dianggap atau diperlakukan sebagi keluarganya sendiri.
14.  Berkata yang benar; merasa sangat berdosa jika berkata bohong atau tidak benar karena pengaruh ajaran agama Kristen,
15.  Dia menjadi dirinya sendiri ; artinya apa adanya, dan tidak mengada-ada..
16.  Mematuhi aturan; artinya segala sesuatu akan berjalan dengan baik dan teratur apabila berjalan diatas aturan.
17.  Berjiwa kompetisi sehat; Bersaing untuk maju; artinya memiliki jiwa ingin maju untuk mencapai sesuatu kemajuan karena usaha, perjuangan dan prestasinya sendiri.
18.  Manusia siap pakai; artinya dimana saja dipasang / ditempatkan pasti OK –OK saja.
19.  Tidak  merasa rendah diri; artinya tidak merasa kecil / kerdil dimata orang lain, walaupun berhadapan dengan orang terpadang sekalipun.
20.  Tahu menempatkan diri, merasa hormat kepada siapa saja dan murah senyum.
21.  Pekerja keras, ulet, tekun, disiplin dan pandai mengatur waktu secara efisien dan efektif dalam bekerja guna memperoleh hasil maksimal.
22.  Selalu menghargai senioritas dalam kemasyarakatan sosial maupun budaya.
23.  Guna berhasil dalam sesuatu rencana atau program, perlu diikutsertakan tokoh-tokoh adat atau para pimpinan informalnya dan meminta saran dan pendapatnya, sebelum menjadi suatu keputusan, jika tidak, maka jangan harap keberhasilan rencana dan program tersebut.
24.  Ikatan kekeluarganya kuat dan meluas baik dari pihak ayah maupun pihak ibu menurut garis silsilah keluarga kedua belah pihak yang terkait, dibawah asuhan kepala-kepala suku-marga (maneleo) seniornya.
25.  Namun manusia lupa kampung kelahirannya, artinya tidak pernah menjenguk kampung halamannya atau keluarga, kaum kerabatnya di pulau Rote, walaupun telah bertahun-tahun merantau dinegeri orang, sampai beranak-bercucu sekalipun. Meskipun telah berhasil dan memiliki kemapuan finansial, namun hampir dapat dikatakan, ia tidak pernah membangun---berinvestasi dalam bentuk apapun di kampung halamannya, sehingga keadaannya tidak pernah mengalami kemajuan, malahan sebaliknya. Dari jumlah penduduk Pulau Rote, hampir 80 persennya   adalah perantau. Sesuai bunyi pepatah kuno “ seperti
Kacang Lupa Kulitnya” adalah suatu gelar yang paling tepat untuk orang Rote Perantauan
.
Namun ada imbauan dalam lagu orang Rote yang berbunyi :

“Bolelebo Ita Nusa Lele Bo—Malole Ta Malole---Ita Nusa Lemalole, Artinya Bolelebo – Baik Tidak Baik Rulau Rote—Lebih Baik”.“Ledo a tena so, Bula ka moliso, Mama Hala Ita Fali Leoeee; Artinya. Matahari sudah terbenam dan bulan sudah muncul, Mama panggil kita pulangeee”...Syair lagu-lagu tersebut tersirat, “Rindu Rumah atau---Kangen Rumah” (Home Sick) dan turut membangun kampung halaman anda!!!! 

1 komentar:

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.