alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Kamis, 01 Januari 2015

PERKEMBANGAN AGAMA KRISTEN DI SUMBA, NUSA TENGGARA TIMUR

Perkembangan Agama Kristen di Pulau SUMBA, NTT

Di Sumba agama Kristen dirintis oleh
1.      Pendeta“J.J.van Alphen”.Ia dikirim oleh “Nederlads Gereformeerde Zendingvereniging” ke Sumba tahun  l88l dan ia tinggal di Waingapu kemudian pindah ke-Melolo.
2.      Pada l Juli l884 usaha pekabaran Injil di Sumba diambil alih oleh “ Zending der Christelijke Gereformeerde Kerk” dengan pendetanya tetap J.J. van Alphen. Pada tahun l887 ia pindah ke Kambaniru.
3.      Pada Agustus l890 datang di Sumba Pendeta W.Pos, sebagai “Missionarie Predikant” (Pendeta Utusan) dan tinggal di Melolo. Ia bekerja untuk melayani orang Kristen  dari Sabu.
4.      Tahun l892 tiba di Sumba Pendeta C. Le  Bruyn sebagai “Misssionarie Predikant” yang akan menggantikan J.J. Alphen. (U.Kapita, l961, hal.22).
5.      Pada pertengahan tahun l902 tibalah Ds.D.K. Wielenga seorang teolog yang menguasai ilmu bangsa Sumba dan perawatan orang sakit. Pada 30 September l907 ia membuka pusat Pekabaran Injil di Payeti. Disamping itu ia juga membuka balai pengobatan di Payeti, sekolah-sekolah di Sumba Tengah, Timur, dan Barat. Ia juga menyalin hikayat suci kedalam bahasa Sumba serta berhasil bersahabat dengan raja-raja Sumba.
6.      Pada tahun l909 tiba Ds.F.Y.Colenbrander menggantikan Ds.W.Pos di Melolo (Sumba). Ia membuka sekolah, pekabaran injil dan balai pengobatan di Melolo sehingga menambah pesatnya perkembangan agama Kristen.
7.      Pada tahun l9ll tiba, T van Dijk  untuk memimpin sekolah-sekolah di Sumba. Ia berusaha mendirikan rumah sakit di Waikabubak dan berhasil pada tahun l930.
8.      Pada tahun l926 Dr.L.Onslee seorang sarjana bahasa tiba  dan berusaha menterjemahkan alkitab dalam bahasa Sumba Timur dan Sumba Barat.
Di Timor gereja telah meluaskan diri kearah pedalaman yakni pada tahun l9l4 – l915 sampai ke Camplong dan Kapan.
Juga di pulau Alor dan Pantar telah mulai ada pekerjaan gereja oleh para pendeta  dan guru-guru asal dari Pulau Rote (Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.