alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Senin, 23 Februari 2015

50 NELAYAN INDONESIA TEWAS DI KARANG SCOTT


50 Nelayan Indonesia  Tewas di Karang Scott

Perth, Selasa Sebanyak 50 Nelayan Indonesia asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) tewas direrjang badai di kawasan gugusan Karang Scott (Scott Reef), sekitar 320 kilometer sebelah utara  Australia Barat yang berbatasan dengan Laut Timor, Indonesia.
Musibah bulan April yang belum pernah dilansir sebelumnya itu, kemarin diungkapkan oleh Angus Bottrill, seorang warga Australia yang tinggal di Mayland kawasan Perth, berdasarkan sebuah surat yang diterimanya dari seorang rekan dari Desa Papela Pulau Rote - NTT.
“Surat tersebut berasal dari Haji Nawawi, Kepala Desa tempat para nelayan tinggal (Desa Londa Lusi-Rote Timur). Dalam surat itu disebutkan bahwa, enam perahu  dari Papela tenggelam  di Scott Reef. Sebanyak 50 nelayan hilang. Pada hal mereka berasal dari keluarga miskin”.. Kata Bottrill. Menurut Bottrill , 50 nelayan tersebut sampai kini tak jelas nasipnya. Biasanya, para nelayan itu sudah kembali ke kampung halamannya setelah sebulan melaut.Ia juga mengaku telah beberapa kali mengunjungi pulau Rote dan memiliki beberapa sahabat di pulau tersebut, salah satunya Haji Nawawi yang telah beberapa kali saling berkirim surat.

Dikatakannya, tidak ada upaya pencarian yang dilakukan oleh pemerintah Australia, karena perahu-perahu Indonesia itu tidak dilengkapi radio komunikasi dan, tidak mempunyai peralatan lain guna menghubungi regu penolong.
Saya memang membaca telah terjadi badai di kawasan itu, saat itu. Namun saya sama sekali tidak mendengar adanya perahu terbalik,” tambahnya.
Petugas Pusat Pengawasan dan Penjagaan Pantai di Canberra menyebutkan, pesawat pengawas pantai  tanggal 15 April l995 lalu melaporkan bahwa nasip tiga perahu kecil tidak dapat dipantau lagi setelah terjadi badai yang menghantam kawasan itu. 

Para petugas menduga, ketiga perahu kecil itu telah kembali ke Pulau Rote.Tiga minggu kemudian, beberapa personil dari kapal patroli Angkatan Laut Australia memberitahu kapten kapal lautnya bahwa telah terjadi bencana yang menelan banyak jiwa. Namun sulit untuk mencari konfirmasi rinci tentang hal tersebut.Juru bicara Pusat Pengawasan dan Penjagaan Pantai itu juga menandaskan bahwa, mereka tidak punya pedoman untuk melaksanakan penyelidikan, karena, posisi perahu-perahu nelayan itu tidak diketahui secara pasti.

Menurut Bottrill, dia akan mengirimkan salinan surat tersebut ke Menteri Australia Barat urusan Timur laut Ernie Bridge. Kini ia sedang berusaha menghubungi Menlu Australia Gareth Avans untuk melaporkan musibah tersebut. Para nelayan itu lanjut Bottrill, menjalankan kegiatannya berdasarkan kesepakatan tahun l974 antara pemerintah Australia dan Indonesia yang, mengizinkan para nelayan tradisional untuk mencari teripang dan, ikan laut diperairan Australia, sekitar Scott, Ashmore – Cartier Reefs. (AFP/sup).


Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.