alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Minggu, 22 Februari 2015

BANGUN RUMAH DI PULAU PASIR (ASHMORE REEF) PICU PERMUSUHAN RI - AUSTRALIA

Bangun Rumah di P. Pasir  Picu Permusuhan RI-Australia

Kupang,Senin,23Desember200215:03

Ide Menakertrans Yacob Nuwa Wea untuk membangun 100 unit rumah bagi para nelayan Indonesia di Pulau Pasir (Ashmore Reef) bisa memicu permusuhan baru antara Australia dan Indonesia karena, Indonesia tidak memiliki bukti hukum yang kuat mengenai pulau itu. Kita punya bukti hukum apa atas pulau itu.
Jika rencana Menakertrans itu sampai terwujud, tidak tertutup kemungkinan terjadinya konflik terbuka antara Australia dan Indonesia dalam memperebutkan pulau itu," kata Ketua FPBB DPRD NTT Arief Rachman di Kupang, Senin.

Menurutnya, ide Menakertrans itu tidak bisa dijadikan alasan hukum untuk merebut kembali Pulau Pasir yang sampai saat ini masih diklaim Australia sebagai bagian dari teritorinya. Bukti hukum kita sangat lemah, sehingga tidak relevan kalau kita sampai nekad untuk membangun rumah di Pulau Pasir, hanya untuk mengakomodir kepentingan para nelayan kita," kata Arief.
Menakertrans dalam kunjungannya ke Kupang, Sabtu (21/12) akhir pekan, berjanji akan membangun 100 unit rumah di Pulau Pasir tahun depan sebagai lokasi berteduhnya para nelayan Indonesia selepas mencari ikan.

Menurut Menakertrans, harus ada warga Indonesia yang bisa menghuni dan, melakukan kegiatan di pulau tersebut, karena secara tradisional pulau itu menjadi tempat pencarian ikan dan teripang oleh nelayan Indonesia, khususnya dari Pulau Rote secara turun-temurun.
Membangun 100 unit rumah di gugusan pulau itu, menurut dia, untuk menegaskan sikap bahwa Pulau Pasir adalah milik masyarakat adat Rote-Ndao, bukan milik orang Australia.
Ketua FPG DPRD NTT, Drs Melkianus Adoe mengatakan, mendukung ide Menakertrans yang merencanakan akan membangun 100 unit rumah di Pulau Pasir yang berjarak sekitar 60 mil dari Pulau Rote atau 500 mil dari Darwin, Australia Utara itu.

Pulau itu kan sudah lama menjadi tempat berteduhnya para nelayan kita dari Rote, Sulawesi, Flores, dan lain-lain sejak zaman Hindia-Belanda. Kenapa ide itu harus kita tolak. Sebagai putra asli Rote, saya sangat mendukung ide tersebut," ujarnya.
Adoe mengatakan, ide Menakertrans itu sudah lama menjadi kerinduan masyarakat Pulau Rote. "Ketika Menakertrans menawarkan ide tersebut, saya orang pertama yang mendukungnya. Kita sangat mengharapkan adanya aktivitas tetap di pulau itu," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya masih terus menggalang aksi penaburan bunga di Pulau Pasir, karena di pulau yang telah diklaim menjadi cagar alamnya Australia itu, banyak terdapat kuburan nenek moyang orang Rote. Arief Rachman menambahkan, Indonesia memiliki bukti hukum yang sangat minim untuk mendapatkan kembali Pulau Pasir, karena sampai sejauh ini pulau itu hanya sebatas menjadi tempat persinggahan nelayan Indonesia. Kita hanya terkejut sesaat ketika Pulau Sipadan-Ligitan lepas dari wilayah Kepulauan Nusantara. Sangat tidak mungkin, jika kita mau mendapatkan kembali Pulau Pasir.  Landasan pijak kita sangat lemah," ujarnya.  [Tma, Ant]-internet.

Komentar Penulis : Arief Rahman !!!, Jangan memberi stetmen yang keliru, jika kurang memiliki informasinya atau pengetahuan sejarah tentang Pulau Pasir, “Buku” inilah memberi  informasinya yang lengkap, dan cukup bukti untuk memperjuangkan kembali Pulau Pasir (Ashmoro Reef)  ke Indonesia-


(Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.