alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Rabu, 11 Februari 2015

PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA INDONESIA DENGAN AUSTRALIA ATAS KEPEMILIKAN GUGUSAN PULAU PASIR (ASHMORE REEF) FI LAUT TIMOR

Penyelesaian Sengketa Antara Indonesia dengan Australia Atas Kepemilikan Gugusan Pulau Pasir di Laut Timor

Bibliografi
Bahasa:  (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Undergraduate Theses
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat
Nomor Panggil: FH-1845
Non-tandon: tidak ada
Tandon: 1
Abstract



Ashmore Reef ( gugusan Pulau Pasir di Laut Timor ), terletak sejauh 320 km dari pantai barat-utara Australia, dan hanya 170 km di sebelah selatan Pulau Rote. Menurut sejarah, jauh sebelum zaman kolonial, Ashmore Reef merupakan bagian integral dari bangsa Indonesia. Nelayan-nelayan tradisional Indonesia sudak sejak lama beroperasi di sekitar gugusan Pulau Pasir sampai ke daratan Broome, Australia. Pulau Pasir ini biasa digunakan sebagai semacam tempat transit bagi para nelayan Indonesia yang berlayar jauh ke selatan. Hal ini terbukti dengan ditemukannya kuburan-kuburan para leluhur Rote dan bermacam artefak lain.

Kini Ashmore Reef berada di bawah kedaulatan Australia, hal ini mengacu pada ditandatanganinya sebuah MOU oleh kedua belah pihak pada tahun 1974, yang pengaturannya sangat merugikan Indonesia. Oleh karena itu Indonesia harus melakukan sesuatu untuk memperoleh kembal haknya atas gugusan Pulau Pasir. Penyelesaian kasus ini dapat dilakukan, baik melalui pengadilan maupun diluar pengadilan.

Hal ini juga sesuai dengan apa yang tercantum dalam UNCLOS 1982. Kasus Sipadan-Ligitan dapat dijadikan dasar sebagai pedoman agar Indonesia dapat memenangkan kasus ini. Media yang terbaik untuk menyelesaikan kasus ini menurut penulis ialah arbitrase, karena selain untuk menghemat biaya, proses arbitrase tidak memakan waktu yang terlalu lama, dan memiliki kaputusan yang bersifat mutlak dan mengikat.

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.