alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Rabu, 11 Februari 2015

PERJANJIAN TIMOR GAP DIGUGAT KE PENGADILAN

Perjanjian Timor Gap  Digugat Ke Pengadilan

Canberra, Kamis

Kewenangan Australia menandatangani Perjanjian Celah Timor (Timor Gab) tahun l989 bakal digugat, menyusul keputusan pengadilan tinggi Australia hari Kamis (9/l2) yang mengizinkan kasus ini diajukan ke pengadilan. Masalah ini menjadi hangat setelah digugat warga Timor-Timur yang kini mengasingkan diri ke Australia.  Jubir pengadilan mengemukakan, tanggal menghimpun keterangan soal kasus ini telah ditetapkan bulan Agustus l994, dan diperkirakan berlangsung tiga hari. Kasus ini terutama menggugat kewenangan Australia menyepakati dan, menandatangani Perjanjian Celah Timor dengan Indonesia,” ujarnya.

Perjanjian Timor Gap yang ditandatangani Menlu Ali Alatas dan Menlu Australia Garreth Evans pada dasarnya, mengeksploitasi secara bersama kandungan minyak bumi di dasar laut yang terletak di Laut Timor, yang membelah Pulau  Timor dan Australia.Alatas kepada pers beberapa saat seusai penandatanganan Perjanjian CelahTimor mengemukakan, : Indonesia puas dengan tercapainya kesepakatan tentang zona kerja sama Celah Timor, yang merupakan “pengakuan de jure” terhadap “integrasi Timor-Timur”  ke Indonesia (Kompas, 28/l0/l989).

Namun pengakuan” de jure Australia” ini justru yang membuat kasus ini menghangat.  “Tindakan Australia dan Indonesia menyetujui suatu perjanjian eksploitasi mineral di Celah Timor adalah, iligal, karena berdasarkan hukum internasional, tidak ada suatu negara pun berdaulat atas kawasan itu, Ujar jubir warga Timor-Timur di Australia
Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.