alamat email

YAHOO MAIL : saj_jacob1940@yahoo.co.id GOOGLE MAIL : saj.jacob1940@gmail.com

Jumat, 27 Februari 2015

PULAU KECIL PEMBAKUAN NAMA KE PBB DIMULAI AGUSTUS 2007

Pulau Kecil Pembakuan Nama Ke PBB  Dimulai 
Agustus 2007
 
Survei lapangan penamaan pulau-pulau kecil di Indonesia telah rampung 65 persen. Survei hanya tinggal dilakukan di Provinsi Bali, DKI Jakarta, dan Papua Barat.. 
Menurut rencana, pembakuan internasional untuk penamaan pulau kecil ke PPB  akan dimulai Agustus (2007) mendatang. Pembakuan nama secara internasional sangat diperlukan terutama untuk memperkuat status kepemilikan. Pada tahap pertama Indonesia akan menyampaikan laporan kemajuan penamaan pulau di provinsi yang sudah diverifikasi, yaitu Sumatera Selatan, Gorontalo, Maluku, Sulawesi Utara, Bangka Belitung dan DI Yogyakarta. Rencananya, seluruh pulau di Indonesia akan terdaftar di PBB pada tahun 2009. 

“Ini inisiatif Indonesia untuk melakukan pembakuan internasional,” ujar Direktur Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan Alex SW Renraubun di Yogyakarta, Selasa, (10-6-2007). Servei lapangan untuk penamaan pulau-pulau kecil telah dilakukan sejak 2005. Penamaan pulau, menurut Alex, juga berfungsi untuk mengembangkan infrakstruktur dan, tertib administrasi. Adapun pulau kecil terluar berperan sebagai batas wilayah untuk mengeliminasi  konflik antarnegara. 

Pemetaan yang akurat bisa, mengungkap potensi ancaman terhadap pulau, terutama terkait pemanasan global.  Guru Besar Emeritus ITB Jacub Rais menegaskan, belum ada dokumentasi resmi yang diterbitkan pemerintah. Padahal Indonesia mengklaim kepemilikan atas 17.504 pulau. Pulau kecil harus memiliki, luasan maksimal 2000 kilimeter persegi dengan, penduduk maksimal 200.000 orang. Menurut Jacub, pulau juga harus dikelilingi oleh air, berbentuk secara alami, dan selalu berada di permukaan air  saat pasang naik. (WKM, Kompas, 11 – 6 – 2007).

Penulis : Drs.Simon Arnold Julian Jacob
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANMG PINTAR UNTUK TAMBAH PENGETAHUAN PASTI BACA BLOG 'ROTE PINTAR'. TERNYATA 15 NEGARA ASING JUGA SENANG MEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' TERIMA KASIG KEPADA SEMUA PEMBACA BLOG 'ROTE PINTAR' DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DAN OLEG SIAPA SAJA. NAMUN SAYA MOHON MAAF KARENA DALAM BEBERAPA HALAMAN DARI TIAP JUDUL TERDAPAT SAMBUNGAN KATA YANG KURANG SEMPURNA PADA SISI PALING KANAN DARI SETIAP HALAM TIDAK BERSAMBUNG BAIK SUKU KATANYA, OLEH KARENA ADA TERDAPAT EROR DI KOMPUTER SAAT MEMASUKKAN DATANYA KE BLOG SEHINGGA SEDIKIT TERGANGGU, DAN SAYA SENDIRI BELUM BISA MENGATASI EROR TERSEBUT, SEHINGGA PARA PEMBACA HARAP MAKLUM, NAMUN DIHARAPKAN BISA DAPAT MEMAHAMI PENGERTIANNYA SECARA UTUH. SEKALI LAGI MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH BUAT SEMUA PEMBACA BLOG ROTE PINTAR, KIRANYA DATA-DATA BARU TERUS MENAMBAH ISI BLOG ROTE PINTAR SELANJUTNYA. DARI SAYA : Drs.Simon Arnold Julian Jacob-- Alamat : Jln.Jambon I/414J- Rt.10 - Rw.03 - KRICAK - JATIMULYO - JOGJAKARTA--INDONESIA-- HP.082135680644 - Email : saj_jacob1940@yahoo.co.id.com BLOG ROTE PINTAR : sajjacob.blogspot.com TERIMA KASIH BUAT SEMUA.